SMK Negeri 8 Surakarta


SMK di Jawa Tengah
-------------
SMK Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMK Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di JL. Sangihe, Kepatihan Wetan Jebres Surakarta, Jawa Tengah. SMK Negeri 8 Surakarta memiliki lima program keahlian yakni, Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Perdalangan, Seni Musik dan Seni Teater.

Sejarah
SMK Negeri 8 Surakarta didirikan atas inisiatif para seniman dan budayawan khususnya dilingkungan Karaton Surakarta, yang diprakarsai oleh beliau GPH. Soerio Hamidjojo (sebagai ketua panitia). Setelah segala sesuatunya dipertimbangkan dengan seksama, maka Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 554/K/3-b, tanggal 17 Juli 1950, memutuskan >>> 
berdirinya Konservatori Karawitan Indonesia di Surakarta, yang dibuka pada tanggal: 27 bulan Agustus tahun 1950. dengan Nama: Konservatori Karawitan Indonesia (KOKAR). Adapun jurusan yang dibuka adalah: Seni Karawitan yang terdiri dari 2 program pendidikan al: Instrumentalis dan Guru Karawitan Tahun 1976 sesuai dengan Keputusan Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, Nomor 0292/ 0/1976 tanggal 9 Desember 1976 terjadi perubahan nama Konservatori Karawitan Indonesia diganti menjadi Sekolah Menengah Karawitan Indonesia disingkat SMKI, yaitu Lembaga Pendidikan yang mempersiapkan siswanya menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai seniman tingkat menengah dibidang seni karawitan, seni tari dan seni pedalangan. Tahun 1997 sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor. 036/ 0/1997, tanggal 7 Maret 1997 tentang Perubahan nama Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Surakarta berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Surakarta atau SMK Negeri 8 Surakarta, dengan Bidang Keahlian Seni Pertunjukan yang terdiri dari empat Program Keahlian yaitu : Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Pedalangan dan Seni Musik. Perkembangan selanjutnya pada tahun pelajaran 2008/2009 telah membuka satu program keahlian baru yaitu Seni Teater.