SMK Negeri 4 Malang


SMK Negeri di Malang, Jawa Timur
---------
SMK Negeri 4 Malang adalah Sekolah Bertaraf Internasional di Malang yang beralamat di Jl. Tanimbar 22 Malang. Sekolah ini mempunyai 6 jurusan, yaitu Produksi Grafika, Persiapan Grafika, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, dan TKJ. Jumlah siswa di sekolah ini sekitar 3300 siswa dengan rincian setiap tingkatan kelas terdiri dari 1100 siswa.

Sejarah
Pada tahun 1937 misi Gereja Katolik dibawah Keuskupan Malang mendirikan Sekolah Teknik Pertama Percetakan (Grafisce School) di Malang yang dipimpin langsung oleh Mrg. Aliers O'Carm yang bertempat di jalan Frateran No.21 >>> 
Malang yang sekarang menjadi Jl LA. Suprapto No. 21 Malang dengan masa studi 2 tahun. Sedangkan yand ditunjuk sebagai Kepala Sekolah pada waktu itu adalah Fr. Cicilianus H.C.A Lommelaars.
Pada tahun 1953 Sekolah Sekolah Teknik Pertama Percetakan ini diganti menjadi Sekolah Kerajinan Negeri (SKN) dengan masa studi 3 tahun yang menerima siswa baru dari lulusan Sekolah Rakyat (SR).
Tahun 1954 Sekolah Kerajinan Negeri (SKN) Malang diganti menjadi Sekolah Teknik Menengah Bagian Percetakan STM Bagian Percetakan dengan masa studi selama 3 tahun. Oleh Keuskupan Malang sebagai Kepala Sekolah pada waktu itu ditunjuk Fr. Nolascus Waijers menggantikan Kepala Sekolah yang lama, bersama dengan itu lokasi sekolah juga pindah ke jalan Bengawan Solo No.38 yang sekarang diganti menjadi Jl. R. Tumenggung Soerjo No. 38 Malang.
Tahun 1957 Sekolah Teknik Menengah Bagian Percetakan diganti lagi menjadi Sekolah Guru Pendidikan Teknik Percetakan (SGPT Percetakan)
Tahun 1959 diganti menjadi Sekolah Menengah Teknik Grafika Malang (SMT Grafika) dan ditunjuk sebagai Kepala Sekolah waktu itu M.Sultany Arief.
Tahun 1996 SMT Grafika berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang (SMKN 4 Malang),bersama dengan itu lokasi juga pindah dari Jl. R. Tumenggung Soerjo No. 38 Malang ke Jl Tanimbar No. 22 Malang.
Tahun 2002 SMK Negeri 4 Malang membuka bidang keahlian baru yakni Teknologi Informasi (TI).
Tahun 2006 SMK Negeri 4 Malang membuka bidang keahlian baru Animasi.
Tahun 2008 Meraih ISO 9001 : 2000 Sistem Manajemen Mutu.

Jurusan
Persiapan Grafika
Program Keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di bidang desain dan proses persiapan reproduksi Grafika (media cetak). Siswa dibekali kemampuan dasar seni dan desain, penguasaan software desain grafis penguasaan setting dan tata letak media, penguasaan proses foto reproduksi.

Produksi Grafika
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di bidang teknik produksi grafika (percetakan) mencakup penguasaan berbagai jenis mesin dalam industri percetakan. Siswa dibekali ketrampilan berbagai teknik cetak (offset, sablon,tinggi/khusus) pemahaman cara kerja mesin,praktik operasional mesin, perawatan dan pemeliharaan mesin, teknik jilid kemas, dan kalkulasi biaya produksi.

Multimedia
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi terampil di bidang desain dan penguasaan teknologi infor masi multimedia. Siswa dibekali kemampuan dasar seni dan desain,penguasaan software deasin grafis dan multimedia (2D dan 3D),desain web, dan media interaktif, fotografi, editing audiovisual.

Rekayasa Perangkat Lunak
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil di bidang pemograman software. Siswa di bekali kemampuan dasar instalasi hardware dan software komputer, penguasaan bahasa pemograman(Java, Delphi, Pascal, C++, Basic, PHP dsb), dan pengolahan data base(Microsoft Acces, MySQL, dsb).

Animasi
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil di bidang produksi animasi. Siswa dibekali kemampuan seni dan desain, kemampuan menggambar manual/digital, penguasaan software aniamsi, penguasaan teknik animasi 2D dan 3D, dan spesial efek, fotografi,sinematografi, dan produksi film animasi.

Teknik Komputer dan Jaringan
Program keahlian yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga profesional di bidang perangkat keras komputer dan jaringan. Kemampuan yang dimiliki siswa dalam program keahlian ini meliputi: elektronika digital dasar, instalasi sistem operasi berbasis GUI dan Text (Open Source dan Propietary), Setting LAN, WAN, Serta merancang berbagai jenis Server.

Akreditasi
Jurusan Persiapan Grafika
Nilai Akreditasi: 95
Peringkat Akreditasi: A
Tanggal Penetapan: 21-Oct-2009
Jurusan Produksi Grafika
Nilai Akreditasi: 97
Peringkat Akreditasi: A
Tanggal Penetapan: 21-Oct-2009
Jurusan Multimedia
Nilai Akreditasi: 95
Peringkat Akreditasi: A
Tanggal Penetapan: 21-Oct-2009
Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak
Nilai Akreditasi: 95
Peringkat Akreditasi: A
Tanggal Penetapan: 21-Oct-2009

Kepala Sekolah
Kepala sekolah yang pernah memimpin
Periode            Nama                           Keterangan
1937 - 1954     Fr. Cicilianus H.C.A Lommelaars       Nama sekolah masih Sekolah Teknik Pertama Percetakan (Grafisce School)
1954 - 1959     Fr. Nolascus Waijers   Nama sekolah masih Sekolah Kerajinan Negeri (SKN) Malang
1959    M.Sultany Arief          Nama sekolah masih Sekolah Menengah Teknik Grafika Malang (SMT Grafika)
1959 - 1993     Bpk. Soedijono
1993 - 1994     Drs. Soeminto
1994 - 1995     Ir. Drs. Barno Ardoto
1995 - 1999     Syaiful Rachman
1999 - 2003     Drs. Ami Darmawan
2003 - 2004     Drs. L. Soedarsono
2004 - sekarang           Drs. H. Supandi, S.Pd. M.Si.

Alamat Kampus : Jl. Tanimbar 22 Malang, Malang, Jawa Timur,