SMA Negeri 1 Padalarang


SMA Negeri di kab Bandung Barat, Jawa Barat
--------------
SMA Negeri 1 Padalarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Padalarang, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.SMAN 1 Padalarang Merupakan salah satu SMA tertua Di Kab.Bandung Barat.

Sejarah
Bapak Drs. Soekarso adalah camat Padalarang pada tahun 1967 yang menggagas berdirinya SMA di Padalarang. Langkah pertama yang ditempuhnya adalah merundingkan dengan Bapak Iin Suryadi dan Bapak Mohamad Zen, selanjutnya dibentuklah >>> 
BKPMD (badan koordinasi pembangunan masyarakat desa) tingkat kecamatan dengan pengurusnya adalah:
ketua  : Teknara Jayaputera
Sekretaris : Iin Suryadi
Bendahara  : Uca Kartasasmita
Anggota  : Gunawan, Mohamad Zen, Mardiwiyoto

Gerbang utama SMAN 1 Padalarang 18 Juli 2012
--------
Masih Pada tahun 1967 pak Iin Suryadi mencoba mengusulkan ke Kakanwil Dikbud propinsi jawa Barat agar sekolah yang sudah berjalan dijadikan sekolah negeri. Usaha tersebut nyaris gagal karena pada saat itu ada ketentuan tidak boleh membuka sekolah umum, artinya sekolah yang ada itupun tidak boleh menerima siswa lagi. Pak Iin Suryadi terus berupaya memperjuangkannya, sehingga diperoleh suatu kebijakan bahwa :
1. Boleh menerima siswa hanya dua kelas saja
2. Secepatnya harus memiliki bangunan untuk belajar
3. Tahun berikutnya harus bisa mendirikan sekolah kejuruan dengan kebijakan tersebut maka pada tahun 1967 SMA statusnya menjadi kelas jauh SMAN 1 Cimahi berdasarkan keputusan mendikbud No.132/A.10/1967 tanggal 12 September 1967. Selanjutnya tanggal tersebut disepakati bahwa oleh dewan Guru serta dewan sekolah menjadi tanggal berdirinya SMAN Padalarang.
Pada tahun 1969, status SMA kelas jauh berubah menjadi SMA Filial SMAN 1 Cimahi (kepseknya bapak Empi Hanafiah.BA). Bapak Iin Suryadi diberi kepercayaan mengelola SMAN Padalarang dengan surat keputusan dari ID SMA (Inspektur Daerah Sekolah Menengah Atas). Beliau saat itu adalah Pegawai Negeri Sipil, sedangkan Bapak Ibrahim (saat ini sebagai Kades Kertajaya) adalah orang pertama kali menjadi kepala urusan TU di SMAN Padalarang. Bersamaan dengan itu pula terbentuklah kepengurusan BP3 yang sebelumnya pernah ada juga yaitu POMG/Persatuan Orang tua murid dan Guru, ketuanya adalah Bapak Suwendi.
Pada tahun 1983, Pak Iin diutus untuk hadir dalam rapat di Purwakarta dalam rangka pembukaan dan penunggalan serta penegrian SMA.
Pada tahun itulah keluar SK Mendikbud RI No. 0473/0/1983 tanggal 9 November 1983 yang menetapkan 16 sekolah yang dibuka dan penunggalan SMA Filial SMAN 1 Cimahi menjadi SMAN Padalarang.
Sebelum peristiwa penunggalan tersebut, Pak Iin pernah dipanggil oleh Kakanwil Dikbud Jabar dalam rangka pemberian bantuan relokasi. sebagai tindak lanjutnya Pak Iin menyerahkan pengurusan selanjutnya kepada pemerintah setempat untuk pengadaan tanah. Usaha tersebut membuahkan hasil yaitu tanah untuk membangun lokal diperoleh dari masyarakat Babakan Loa dengan cara dibeli. dengan demikian pembangunan lokal dimulailah dengan IMB No.96I/PU.071/DPU/KB/86 tanggal 6 Januari 1986.
Dengan adanya relokasi tersebut maka tempat belajar menjadi dua lokasi yaitu di JL. Orion no.447 Padalarang dan JL.Babakan Loa Permai. Adapun pusat kegiatan inti administrasi sekolah berada di lokasi Perum Baloper.

wajah baru SMAN 1 Padalarang  9 Maret 2012
----------
Pada tahun 1997 terjadi perubahan Nomor Klatur SMAN 1 Padalarang menjadi SMU Negeri 1 Padalarang berdasarkan SK Mendikbud tanggal 7 Maret 1997 No.035/0/1997.
Pada Tahun 2010 akhirnya seluruh kegiatan belajar mengajar SMAN 1 Padalarang dipindahkan ke Lokasi Baloper, yang merupakan lokasi utama SMAN 1 Padalarang.

Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMAN 1 Padalarang
Drs. Iin Suryadi (1969 - 1985)
Drs. H Tatang Bachrum sbg pejabat sementara (1985)
Drs. H Syarifudin MAI (1986 - 1989)
Duyeh Effendi.BA (1990 - 1993)
H. Moch. Wasid. SH sbg pejabat sementara (1993)
Drs. Mochamad Yunus Idrus (1993 - 1995)
Drs. H. Sutarya (1995 - 1998)
Toto Suherna, BA (1998 - 2002)
Drs. Engkun Kurnia (2002 - 2005)
Drs. H.E. Shohib Al Kosim,M.M.Pd (2005 - 2008)
Drs. Dadin Sasmita,M.Ed (2008 - 2011)
Drs. H. Rahmat Hidayat,M.Si (2011 - sekarang)
Fasilitas

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Padalarang untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:
Kelas
Perpustakaan
Laboratorium Biologi
Laboratorium Fisika
Laboratorium Kimia
Laboratorium Komputer
Laboratorium Bahasa
Ruang Multimedia
Lapangan Futsal
Lapangan Bola Voli
Lapangan Basket
Tempat Ibadah
Kantin

Ekstrakulikuler
SMA Negeri 1 Padalarang memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler dan Intrakulikuler, diantaranya :
OSIS
Pandawa
Futsal
Bola Basket
ESC (English Speaking Community)
FSRM (Forum Silahturahmi Remaja Masjid)
Karate
Tadjimalela
Angklung
Palang Merah Remaja (PMR)
Hispala
KIR (karya Ilmiah Remaja)
Paserang
Perkusi
IT Club
Tata Busana
Bola Voli
Pramuka
SPC
Dayung

MARS SMA Negeri 1 Padalarang
Maju wujudkan harapan
Siswa siswi SMA Negeri 1 Padalarang
Giat belajar mencari ilmu
Hias diri dengan budi pekerti

Semai Generasi tangguh
Pengemban sukses pembangunan bangsa
Tak gentar hadapi tantangan
Dengan semangat membara berjuang

Bertakwa, berbakti, berbudi, mengabdi
Wujudkan masa depan gemilang
Kreatif, mandiri, meningkatkan prestasi
Di SMA Negeri 1 Padalarang

Alamat Kampus, Jalan Babakan Loa Permai Padalarang, Bandung Barat, Jawa barat, Indonesia